Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bingung Pilih Sepeda, Begini Tips Memilih Sepeda Yang Benar


Ini ada informasi yang menarik bagi kalian yang masih bingung mau membeli sepeda yang bagus.  Mungkin banyak dari kita yang masih bingung tentang panduan membeli sepeda. Kebanyakan sih memang dari kalangan pemula atau orang yang memang awam dalam dunia sepeda. 

Memilih sepeda memang harus sesuai kebutuhan dan yang pasti pas di hati, kalau sudah pas dan cocok kita pun jadi semangat buat bersepedanya.

Nah berikut adalah panduan membeli sepeda menurut All-Indonesia.com

1. Kenali jenis sepeda yang mau kalian beli

Ada beberapa jenis sepeda di dunia khususnya di Indonesia. jangan kemudian Kalian salah beli dan malah mengecewakan. Jadi jenis pada umumnya adalah sepeda gunung, sepeda balap, BMX dan city bike. 

Jenis-jenis sepeda ini harus kalian ketahui dulu agar nantinya kalian bisa milih-milih ini mana yang cocok buat kalian.



2. Persiapkan budget

Mempersiapkan dana ini penting karena akan menentukan banget sepeda apa yang nantinya bakal kalian beli. Di antara jenis sepeda, sepeda gunung dan road bike adalah jenis sepeda yang cukup menguras isi dompet. 

Meskipun ada beberapa merek sepeda MTB yang harganya murah tetapi anda tetap harus mengutamakan kualitas. Persiapkan dana sesuai dengan kemampuan kita dan jangan memaksakan ya guys.

3. Sesuaikan dengan passion kalian

Semua orang pasti punya passion masing-masing. Termasuk kalian, jadi dalam membeli sepeda kita mesti memperhatikan passion diri kita agar nantinya cocok pas kita gunakan. Passion yang kami maksud adalah selera atau gaya kalian.

Jadi kalian suka yang ekstrem santai atau kecepatan itu beda. Kalau kalian suka dengan bersepeda santai, cocok pakai city bike. 

Kalau suka kecepatan kalian bisa coba ngebut pakai road bike atau sepeda balap. Atau kalau kalian suka yang ekstrem pilihnya MTB. Tapi sepeda MTB juga ada beberapa jenisnya lho. Kalian juga harus tahu ini. 

Jadi sepeda MTB dibedakan menjadi beberapa jenis seperti ini nih,

Downhill
Sepeda MTB yang dirancang untuk medan turunan terjal seperti pegunungan yang kedua 

MTB Trek
Sepeda gunung yang memang dirancang untuk medan offroad yang terjal dan berbatu. MTB jenis ini ada yang juga dirancang untuk medan offroad ekstrem baik itu di wilayah pegunungan ataupun perkotaan.

MTB Action 
Sepeda gunung khusus medan Cross country dengan frame ringan yang membutuhkan kecepatan berkendara

4. Pertimbangkan komponen atau part sepeda

Sejatinya tidak mudah membandingkan komponen setiap sepeda. Namun cara memilih sepeda terbaik adalah menyesuaikan komponen dengan yang memang benar-benar Anda butuhkan.

Kemudian dalam memilih sepeda sesuai komponennya juga harus tergantung pada budget yang tersedia. Pesepeda yang profesional umumnya akan memilih sepeda berdasarkan komponennya.

5. Minta saran pada yang sudah berpengalaman

Jangan malu untuk bertanya pada yang sudah berpengalaman karena yang berpengalaman pasti lebih mengerti bagaimana memilih sepeda yang bagus. Termasuk memilih komponennya, maka dari itu memastikan pada ahlinya adalah tindakan yang bijak.

6. Pilih merek yang berkualitas

Tidak dapat dipungkiri bahwa nama besar sebuah merek memang mempengaruhi kualitas produknya. Cara memilih sepeda terbaik bisa melalui mereknya.

Ada sejumlah merek sepeda terbaik yang bisa anda pertimbangkan seperti Kona Bikes, Bianchi, Brompton dan lain-lain masih banyak lagi. 

Tapi apakah merek tersebut terlalu mahal untuk isi dompet Anda? ya mungkin anda bisa mencoba membeli merek lokal yang harganya lebih terjangkau seperti Polygon atau Wimcycle. Walaupun merk lokal tapi merk sepeda tersebut layak untuk dipertimbangkan.

7. Datang ke Toko langsung dan cobalah sepeda tersebut

Sebagai pembeli Anda memang harus selektif dalam memilih. Ada beberapa toko memang memperbolehkan konsumennya untuk menjajal atau mencoba sepeda sebelum dibeli.

Untuk membeli sepeda yang handal dan nyaman tak ada salahnya untuk mencoba dulu sepeda yang akan kalian beli yang penting jangan dibawa kabur heheee.

Cobalah beberapa merek atau jenis sepeda agar kalian bisa menentukan mana yang terbaik akan tetapi jangan lupa untuk mencoba sepeda yang harganya sesuai dengan anggaran anda. Agar nantinya tidak over budget. 

Oke, dengan panduan cara memilih sepeda terbaik ini kalian bisa membeli sepeda yang memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan anda bila kalian memiliki tips tambahan lainnya silahkan tambahkan tips kalian di kolom komentar.

Oke jadi itu saja yang bisa kita sampaikan pada artikel kali ini kurang lebihnya mohon maaf karena manusia tidak ada yang sempurna. 

Ciao